Jan 10, 2017

Review Makanan Kucing: Pro Feline Salmon & Tuna Dry Food

Dear feliners. Halo halo halo! Apa kabar semuanya? Semoga semuanya dalam keadaan baik ga kekurangan satu hal apapun. Masih Januar 2017 nih feliners, masih kerasa dong tahun barunya? Time flies so damn quick, ya! Well, kali ini The Cat Sound akan kembali mereview pakan kucing. Sebenernya review ini udah aku tulis pertengahan tahun lalu dan karena cari waktu buat post review ini susah, baru lah aku post sekarang. Pakan kucing yang akan aku review kali ini adalah Pro Feline. Let’s get into it, shall we?

Packaging & Price
Semuanya aku beli dalam kemasan repack 500 gram harga IDR 12,000 dan kemasan 1 kg harga IDR 23,000 di Kasih Satwa Semarang. Ada sih kemasan freshpack-nya, tapi dalam kemasan karung isi 20 kg. Ini nih kemasan karungan yang aku foto di Kasih Satwa :

Flavor
Rasa yang aku beli ada dua yaitu rasa Salmon dan Tuna.

Texture & Ingredients
Bentuk masing-masing rasa Pro Feline ini berbeda, Salmon bentuk bunga dan Tuna bentuk donat. Seperti ini penampakan kibble Pro Feline :
Tekstur Pro Feline keras dan kering seperti biasa. Keringnya beneran kering karena sampai berdebu. Kandungan air di Pro Feline mungkin sangat minim. Jadi renyah sih kalau dimakan. Warna kibble ke dua rasa sama yaitu coklat krem tua. Tekstur kibble rasa Tuna berongga. Aroma kedua rasanya kayak ikan kering atau ikan asin yang ada di pasar supermarket gitu. Pernah cium aroma teri yang ada di pasar? Yang udah kering dan diasinkan? Nah aromanya mirip begitu. Aroma lain yang tercium khas adalah aroma beras. Pernah cium aroma beras mentah yang belum jadi nasi ga feliners? Masih beras ya, belum jadi nasi apalagi jadi bubur. Aku kira awalnya Pro Feline sama dengan Star Pro Feline karena namanya hampir sama dan juga informasi di internet minim buat diakses. Sampai nemuin review Star Pro Feline yang ditulis oleh Review Kucing Wordpress dan RadioKucing. Finally aku dapat informasi jelas dari Kasih Satwa tempat dimana aku beli Pro Feline ini. Berikut ingredients Pro Feline rasa Tuna yang aku dapat dari bungkus karung Pro Feline :
Ada keterangan distributornya yaitu PT. Acis Ekamula Sucakti. Perusahaan distributor Pro Feline berlokasi di Jakarta Utara, Indonesia. Pada kemasan karung Pro Feline ada keterangan rasa Tuna. Tapi aku ga dapat kemasan yang rasa Salmon. PT. Acis Ekamula Sucakti ini adalah importir dan distributor makanan kucing di Indonesia. Produk lain PT. Acis Ekamula Sucakti adalah Acis cat food. Pernah dengar Acis? Reviewnya akan segara terbit kok feliners! Informasi PT. Acis Efelinerslya Sucakti ini cukup up to date kok. PT. Acis juga punya website di ptacis.com. Di website ada daftar makanan kucing yang dia distribusikan. 

Bahan yang digunakan Pro Feline ga ada spesifik pakai ikan tuna atau salmon gitu. Cuma ada bahan Fish Meal yang pada keterangan kemasan artinya bubuk ikan. I’m pretty sure kalau Fish Meal adalah lemak ikan. Ikan yang digunakan juga ga tercantum. Salah satu bahan lainnya yang digunakan Pro Feline adalah Meat and Bone Meal yang artinya lemak daging dan tulang atau bubuk daging dan tulang. Ga dijelaskan secara rinci daging dan tulang apa yang digunakan.

Cat Point of View
Kucing-kucingku mengkonsumsi Pro Feline berturut-turut selama kurang lebih 2 minggu dan habis 3 bungkus Pro Feline kemasan 1 kg. Awalnya aku coba Pro Feline Salmon lalu ke Pro Feline Tuna. Kucingku suka banget, lahap, selalu habis. Mungkin karena aromanya enak gitu ya mereka jadi suka makannya. Bahkan yang kecilpun suka makan. Tapi aku batasin kalau buat anak-anak kecil, soalnya takut mereka belum bisa nerima pakan kucing adult. Kittens-ku makan makanan kittens dong feliners! Mereka suka banget sama wet food, apapun itu. Makannya lahap buanget! Efek poop kucing-kucingku setelah makan Pro Feline biasa-biasa aja. Ga ada perubahan khusus. Kadang poop mereka encer kadang solid. Tapi emang baunya jadi super ga enak sih.
Beda lagi efeknya ke kitten. Dasarnya sih kitten emang harus makan makanan kitten kan? Poop para kittens ini jadi lembek dan berair. Padahal biasanya anak-anak kecil ini kan poopnya masih bagus solid dan gelap warnanya. Padahal juga ya feliners, kittens-ku cuma makan Pro Feline sedikit. Saat para kucing besar makan Pro Feline pasukan kecil-kecil ini lagi makan Minino tuh yang Minino biasa. Pasukan anak bulu yang udah gede sih girang-girang aja makan Pro Feline bahkan sekarang nih yang tadinya jatah 1 kg tuh bisa buat seminggu kan, ini cuma 3 hari loh feliners. Emang beneran doyan makan deh mereka. Ga tau doyan apa laper.

Conclusion
Kesimpulan Pro Feline Tuna & Salmon adalah kucingku suka dan poopnya masih normal. Kadang mencret kadang solid. Tapi beda lagi efek ke kitten nih. Poop mereka mencret dan beair. Feliners harus inget ya, kalau kitten ya dikasih makan kitten. Kayak bayi gitu kan, kalau bayi kan dikasihnya makanan bayi gitu. Kayak bubur, biskuit bayi dan lainnya. Begitu juga dengan kitten. Karena kandungan makanan kitten udah sesuai buat kitten.
RATINGS : 3 stars
REPURCHASE : Maybe (kalau kepepet dan cuma ada Pro Feline di pet shop)

WHERE TO BUY : Pro Feline sudah bisa feliners beli di berbagai pet shop dengan harga yang sangat beragam.
Eh eh eh, walaupun kucingku cocok belum tentu loh feliners kucing kalian jadi cocok juga. Karena aku baca dari beberapa post teman-teman di group kucing tentang Pro Feline ini, mayoritas kucing mereka ga suka dan malah mencret parah. Seewhat I told you? Tiap kucing itu unik dan berbeda. Saranku ya dicoba dulu aja. Review ini dijadikan refrensi gitu. Tapi eh tapi, kalau beberapa blog review kucing, hasil reviewnya kebanyakan sama, you should concern about it feliners. Sekian review Pro Feline dari The Cat Sound. Nantikan review lainnya ya! Semoga review ini berguna dan bisa dijadikan refrensi buat feliners semua. Bye feliners!


**Disclaimer: review di atas merupakan review dari pandangan, perspektif serta pengalaman pribadi dari penulis. Jika ingin menyalin atau mengutip harap link ke www.thecatssound.blogspot.co.id.

No comments:

Post a Comment